Selasa, 05 Desember 2017 - 21:43:33 WIB
WORK SHOP: SOSIALISASI SISTEM AKREDITSI PERGURUAN TINGG ON LINE DI LINGKUNGAN UPN “VETERAN” YOGYKART


Akreditsi bagi perguruan tinggi adalah keharusan, selama ini akreditasi baik bagi perguruan tinggi maupun program studi dilakukan tidak secara on line. Mengingat jumlah pergurun tinggi maupun program studi di Indonesia demikian banyak maka untuk meningkatkan efisiensi  dalam penilaian akreditasi   Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengembangkan suatu sistem yng dikenal  dengan SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi On Line). Diharapkan  dengn SAPTO maka akan meningkatkan efisiensi dan kualitas proses akreditasi perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh BAN-PT. SAPTO mendukung setiap proses yang dilakukan dalam akreditasi seperti pengajuan usulan akreditasi oleh perguruan tinggi, pemeriksaan dokumen, penugasan asesor dan validasi yang dilakukan, proses asesmen kecukupan (AK) dan asesmen lapangan (AL) oleh asesor . Secara umum tidak ada proses yang berubah, dalam akreditsi SAPTO hanya mengotomasi sebagian  proses melalui mode online. Sehingga Pendaftaran (penyerahan berkas), Proses Asesmen Kecukupan Interaksi antara BAN-PT, PT pengusul, dan asesor dilakukan secara on line. Diharapkan Sapto bermanfaat  bagi:

Peningkatan produktivitas

       Lebih banyak PT/prodi yang dapat diakreditasi pada satu periode waktu tertentu

       Asesor dapat melakukan lebih banyak penugasan asesmen

Penghematan biaya

       PT Pengusul: biaya cetak dokumen dan transportasi & akomodasi dalam rangka penyerahan dokumen ke BAN-PT

       BAN-PT: biaya penyelenggaraan Asesmen Kecukupan (kesekretariatan, bahan habis pakai, HR panitia dan asesor, transportasi dan akomodasi asesor)

Peningkatan akuntabilitas dan akurasi asesmen

       Proses asesmen online dapat “memaksa” PT pengusul untuk bertanggungjawab pada usulannya, dan asesor untuk bekerja secara akuntabel

       Perhitungan data secara otomatis mengurangi resiko salah input dan salah hitung

Demikian yang dapat kami laporkan berkaitna dengan sosialisasi  SAPTO, dengan narasumber  Ir. Lukito                Edi Nugroho, MSc., Ph D. assesor BAN PT  dan Mario Hengki dari  BAN PT. Akhir kata semoga  bermanfaat (sie).



  • Akademik
  • Non Akademik





Juni, 2018
MSSR KJS
     12
3456789
10111213141516
1718 1920212223
24252627282930