Jumat, 04 Juli 2014 - 11:41:49 WIB
Sekilas LP3M

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M)  Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta dibentuk berdasarkan Permenristek dikti No.39 tahun 2015 dengan tugas melaksanakan, mengoordinasikan, memantau, dan mengevaluasi kegiatan pengembangan pembelajaran dan penjaminan mutu (pasal 74). Meskipun demikian pelksanaan penjaminana mutu di lingkungn  Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta telah dilakukan sejak lama oleh  Badan Penjaminan Mutu (BPM).  Tujuan pembentukan LP3M adalah dalam rangka memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan oleh Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta sesuai kebutuhan pemangku kepentingan (stakeholder).

LP3M sebagai lembaga dalam melaksanakan tugasnya bersifat independen dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor. Berdasakan Permenristek dikti No. 39 tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta paragraf 4 pasal 75, LP3M  menyelenggarakan fungsi:

a. penyusunan rencana, program, dan anggaran Lembaga;

b. pelaksanaan pengembangan sistem penjaminan mutu pendidikan;

c. pelaksanaan pengembangan pembelajaran;

d. koordinasi pelaksanaan kegiatan pengembangan pembelajaran

e. pelaksanaan penjaminan mutu akademik;

f. pelaksanaan fasilitasi peningkatan mutu proses pembelajaran;

g. pemantauan dan evaluasi pengembangan pembelajaran dan penjaminan mutu; dan

h. pelaksanaan urusan administrasi Lembaga.

LP3M Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta berkomitmen menerapkan sistem manajemen mutu berupa penetapan Kebijakan Mutu dan Sasaran Mutu, mensosialisasikan kepada seluruh jajaran untuk dapat dilaksanakan dengan konsisten dan perbaikannya dilakukan secara berkesinambungan.

Komitmen mutu, komunikasi serta penerapan Kebijakan Mutu, keterbukaan terhadap masukan demi perbaikan berkelanjutan di seluruh proses dilakukan untuk menghasilkan produk terbaik sehingga memenuhi kebutuhan dan atau persyaratan pelanggan.

Penetapan sasaran mutu, rencana manajemen mutu, rencana mutu serta meninjau sistem manajemen mutu secara periodik dilakukan berkaitan dengan realisasi sesuai tusi LP3M dalam hal mengevaluasi capaian kinerja universitas serta memenuhi kesesuaian harapan pelanggan. Untuk itu, organisasi LP3M terdiri dari: 

  1. Ketua:

Tugas pokok :

  1. Menyusun dan menggembangkan berbagai standar dan pedoman sebagai acuan melaksanakan penjaminan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta administrasi akademik.
  2. Mengembangkan standar mutu dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat merujuk standar internasional
  3. Mengkaji dan melaporakan hasil pelaksanaan penjaminan mutu dalam suatu siklus pada seluruh unit dan jajarannya di UPN “Veteran” Yogyakarta
  4. Mengembangkan perangkat penerapan Sistem Penjaminan Mutu melalui penyiapan:

a.     Kebijakan Mutu di tingkat Universitas, Fakultas, Jurusan dan Program  Studi

b.    Manual Mutu

c.     Prosedur Mutu

d.    Standar Mutu

e.     Perangkat Audit Mutu

  1. Mengelola data dan informasi yang relevan dengan peningkatan mutu UPN “Veteran” Yogyakarta.
  2. Melaksanakan Audit Mutu Akademik Internal, di lingkungan Unit Kerja Pelaksana Akademik terkait, secara periodik dan terprogram

 

Fungsi:

  1. Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan penjaminan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta administrasi akademik mulai tingkat universitas sampai program studi.
  2. Menyampaikan rekomendasi kepada Rektor dan pimpinan lainnya sebagai masukan untuk peningkatan mutu secara berkelanjutan.
  3. Menerapkan Sistem Penjaminan Mutu secara berkesinambungan, konsisten, efisien, dan akuntabel.
  4. Menyusun dan memberikan rekomendasi kepada Pimpinan UPN “Veteran” Yogyakarta tentang penjaminan dan peningkatan mutu dalam aspek:
    1. Tri Dharma Perguruan Tinggi (pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat), termasuk layanan kepakaran.
    2. Kemahasiswaan dan Alumni.
  5. Memfasilitasi dan mendampingi Program Studi dalam mempersiapkan dokumen dan visitasi untuk pengajuan status Akreditasi.
  6. Melakukan pembinaan civitas academica UPN “Veteran” Yogyakarta menyangkut kesiapan dan pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu di Unit Kerja masing-masing.
  7. Melakukan koordinasi dan pelaksanaan penilaian Laporan Kinerja Dosen.
  1. Sekretaris:

Tugas pokok :

  1. Membuat perencanaan, koordinasi, pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan berikut anggarannya.
  2. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan surat-menyurat yang berkaitan dengan lembaga.
  3. Bertanggung jawab dalam perencanaan, pelaksanaan dan hasil agenda rapat rutin, rapat koordinasi dan rapat evaluasi kegiatan.
  4. Menyusun konsep laporan kegiatan/kinerja setiap kuartal.
  5. Bertanggung jawab kepada ketua lembaga.

 

Fungsi:

  1. Membantu ketua menyusun dan menggembangkan berbagai standar dan pedoman sebagai acuan melaksanakan penjaminan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta administrasi akademik.
  2. Membantu ketua mengembangkan standar mutu dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat merujuk standar internasional.
  3. Membantu ketua mengkaji hasil pelaksanaan penjaminan mutu dalam suatu siklus pada seluruh unit dan jajarannya di UPN “Veteran” Yogyakarta.
  4. Membantu ketua mengembangkan perangkat penerapan Sistem Penjaminan Mutu.  
  5. Membantu ketua mengelola data dan informasi yang relevan dengan peningkatan mutu UPN “Veteran” Yogyakarta.
  1. Membantu ketua melaksanakan Audit Mutu Akademik Internal, di lingkungan Unit Kerja Pelaksana Akademik terkait, secara periodik dan terprogram.
  1. Sewaktu-waktu mewakili ketua lembaga dalam urusan kedinasan dan administrasi.
  2. Membantu ketua menyusun dan mempersiapkan laporan lembaga pada akhir tahun anggaran.
  3. Membantu ketua melakukan koordinasi dan pelaksanaan penilaian Laporan Kinerja Dosen.
  1. Subbagian Tata Usaha;

Tugas pokok :

Melaksanakan urusan perencanaan, keuangan, ketatalaksanaan, ketatausahaan, kerumahtanggaan dan Barang Milik Negara serta Penyusunan Data Informasi Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu.

 

Fungsi:

1.   Membantu ketua,sekretaris, kepala pusat yang berada di bawah lembaga dalam mempersiapkan penyusunan dan realisasi pelaksanaan rencana, program, kegiatan dan anggaran;

2.   Membantu pengumpulan dan pengolahan data pengembangan pembelajaran dan penjaminan mutu;

3. Melaksanakan urusan dokumentasi dan publikasi hasil pengembangan pembelajaran dan penjaminan mutu;

5.   Pemberian layanan informasi dibidang pengembangan pembelajaran dan penjaminan mutu;

6.   Membantu penyusunan laporan lembaga.

 

4.Pusat mencakup:

a)  Pusat Pengembangan Sistem Pembelajaran (PSP), dijalankan oleh seorang Kepala Pusat  Pengembangan Sistem Pembelajaran dengan:

 Tugas pokok :

1.    Mengkoordinasi pelaksanaan kegiatan pengembangan proses pembelajaran;

2.    Melaksanakan pengembangan proses pembelajaran.

3.    Memantau dan mengevaluasi kegiatan pengembangan proses pembelajaran.

4.    Memantau kekinian kurikulum program studi.

5.    Melakukan sosialisasi peraturan di bidang akademik berkaitan dengan pembelajaran dan kurikulum.

Fungsi:

1.       Mengkoordinir pendampingan sertifikasi dosen

2.    Melaksanakan peningkatan dan pengembangan pembelajaran berbasis Teknologi  Informasi dan Komunikasi  ( TIK )

 

b) Pusat Penjaminan Mutu Internal (PMI), dijalankan oleh seorang Kepala Pusat Penjaminan Mutu Internal dengan:

Tugas pokok :

1)   menyusun perencanaan, mengkoordinasikan pelaksanaan, dan pengembangan monitoring penjaminan mutu akademik pada bidang kurikulum program studi, proses pembelajaran serta suasana akademik;

2)   menyusun perencanaan, mengkoordinasikan pelaksanaan dan pengembangan audit  mutu akademik intemal;

3)   menyusun perencanaan, mengkoordinasikan pelaksanaan, dan pengembangan monitoring penjaminan mutu serta audit pada bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Fungsi:

1)   menyusun dan mengembangkan sistem penjaminan mutu akademik yang terdiri dari:

§  menyusun dan mengembangkan dokumen-dokumen mutu kurikulum, proses pembelajaran dan suasana akademik;

§  menyusun dan mengembangkan dokumen-dokumen penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat.

2)   mengelola pelaksanaan penjaminan mutu akademik di tingkat universitas, fakultas,  jurusan maupun program studi

§  membuat jadwal monitoring dan  audit tahunan;

§  merencanakan sistem penjaminan mutu pengembangan kurikulum, proses pembelajaran dan peningkatan suasana akademik ;

§  melaksanakan dan memonitor program penjaminan mutu kurikulum, proses pembelajaran dan peningkatan suasana akademik.

3)   mengelola pelaksanaan penjaminan mutu penelitian serta pengabdian kepada masyarakat

§  merencanakan sistem penjaminan mutu penelitian serta pengabdian kepada masyarakat ;

§  melaksanakan dan memonitor program penjaminan mutu penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat.

4)   mengembangkan sistem penjaminan mutu akademik

§  melaksanakan pengembangan sistem penjaminan mutu kurikulum, proses pembelajaran dan peningkatan suasana akademik;

§  melaksanakan pengembangan sistem penjaminan mutu penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat.

5)   membuat laporan hasil audit akademik intemal kepada ketua LP3M

§  membuat laporan hasil pelaksanaan monitoring penjaminan mutu kurikulum, proses pembelajaran dan suasana akademik serta audit mutu akademik internal;

§  membuat laporan hasil pelaksanaan dan monitoring penjaminan mutu penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.

c) Pusat Penjaminan Mutu Eksternal (PME), dijalankan oleh seorang Kepala Pusat Penjaminan Mutu Eksternal dengan:

Tugas pokok :

1.    Menjaga dan meningkatkan mutu institusi dan program studi melalui akreditasi Badan Akreditasi Nasional (BAN PT) dan ISO.

2.    Memfasilitasi dan mendampingi Program Studi dalam mempersiapkan dokumen dan visitasi untuk pengajuan status Akreditasi.

Fungsi:

1. Memantau waktu akreditasi dan reakreditasi institusi dan seluruh prodi.

2. Mengkoordinir Bimtek penyusunan borang akreditasi institusi dan prodi.

3. Pendampingan dan klinik penilaian internal akreditasi prodi sebelum diajukan ke BAN PT.

4. Mengkoordinir pelaksanaan ISO lembaga

 

d) Pusat Pengembangan Pendidikan Bela Negara (P2BN), dijalankan oleh seorang Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Bela Negara  dengan:

Tugas pokok :

1.    Melaksanakan penerapan pendidikan bela negara dalam rangka mewujudkan kader bela negara.

2.    Mengembangkan proses pembelajaran berbasis bela negara.

3.    Mengembangkan muatan bela negara dalam mata kuliah

Fungsi:

1.    Mewujudkan kader bela negara.

2.    Mewujudkan kampus  bela negara

LP3M Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta berfungsi sebagai satuan kerja manajemen di bawah Universitas yang berfungsi penyelenggara program pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi melakukan pengukuran mutu produk (termasuk layanan jasa) dan mengidentifikasi keberterimaan produk (termasuk layanan jasa) oleh pengguna; dalam hal ini memastikan Kebijakan Mutu Rektor dapat dilaksanakan dengan baik diantaranya sebagai berikut:

1. Kebijakan Mutu di Bidang Pendidikan

Program-program yang ditawarkan oleh Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta hendaknya memiliki mutu akademik yang tinggi terutama didasarkan pada penelitian yang dikembangkan oleh dosen Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.. Metoda pendidikan di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”  secara bertahap akan berubah dari proses-proses berbasis pengajaran yang berpusat pada dosen (teacher centered education) menuju pengajaran yang berpusat pada mahasiswa (student-centered education). 

Pendidikan di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta hendaknya diselenggarakan secara terencana dan memiliki indikator mutu yang terukur serta akuntabel, program-program pendidikan di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta harus dapat diselesaikan oleh mayoritas mahasiswa secara tepat waktu. Program-program pendidikan yang ditawarkan oleh Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta hendaknya memiliki kesetaraan dengan program-program serupa pada perguruan tinggi-perguruan tinggi yang memiliki reputasi tinggi (reputable universities).

2. Kebijakan Mutu di Bidang Penelitian

Setiap dosen Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta diwajibkan untuk melakukan kegiatan penelitian, baik secara perorangan dan/atau kelompok. Penelitian yang diselenggarakan dan di danai oleh Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta diarahkan untuk mewujudkan kepeloporan penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan  seni (IPTEKS) strategis serta bermanfaat sebagai solusi permasalahan pembangunan bangsa. Hal-hal tersebut mendorong agar jumlah dan kegiatan penelitian di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta selalu dipacu sehingga memenuhi standar perguruan tinggi terkemuka di level nasional dan internasional.

Indikasi lain bagi reputasi perguruan tinggi adalah publikasi yang dihasilkan dari penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta akan mendorong dan memfasilitasi agar hasil-hasil penelitian tersebut, secara bertahap dapat dikomunikasikan, melalui publikasi ilmiah atau bentuk-bentuk komunikasi hasil penelitian lainnya. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta memberikan hadiah stimulus bagi dosen yang hasil penelitiannya dimuat di jurnal internasional.

3. Kebijakan Mutu di Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat

Sejalan dengan misi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, selain berkiprah di dalam dharma pendidikan dan dharma penelitian, harus pula memberikan Layanan Pengabdian Kepada Masyarakat. Layanan Pengabdian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta dapat berbentuk program dan kegiatan pengabdian serta pemberdayaan masyarakat, maupun program dan kegiatan layanan kepakaran professional. Layanan Pengabdian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta diupayakan untuk bertumpu pada kompetensi dan hasil-hasil penelitian yang dikembangkan di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. 

Di dalam kurun waktu tertentu, Layanan Pengabdian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta secara bertahap akan ditingkatkan baik mutu, jumlah, maupun intensitasnya. Unit-unit lingkungan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, mulai dari Kelompok-kelompok Keahlian, Fakultas/ Pascasarjana, Pusat-pusat di lingkungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM), hingga unit Bisnis (Yayasan-yayasan dan Bengkel) akan didorong untuk mengembangkan bentuk-bentuk dan paket-paket Layanan Pengabdian yang meningkatkan kontribusi dalam menyelesaikan masalah-masalah aktual yang dihadapi masyarakat. Sebagai bentuk dari akuntabilitas institusi, dampak Layanan Pengabdian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta dapat ditingkatkan secara terus menerus.

4. Kebijakan Mutu di Bidang Pengembangan Manajemen dan Sumberdaya Manusia 

Pencapaian visi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta melalui pelaksanaan program dan kegiatan yang bermutu, mengharuskan adanya pengembangan sumberdaya manusia yang terarah dan terencana. Dalam upaya peningkatan kualifikasi dosen, dilakukan langkah-langkah strategis untuk peningkatan jabatan akademik dosen untuk mengemban tugas dan kewajiban akademik.

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta selain membutuhkan dukungan dari dosen yang berkualifikasi, kompeten  dan bermutu juga sangat membutuhkan dukungan dari pegawai pendidikan yang kompeten dan bermutu. Karena itu, secara bertahap, kinerja dosen dan tenaga kependidikan akan dipantau dan selanjutnya ditingkatkan melalui pelatihan, peningkatan kualifikasi dan profesionalisme, serta penataan penugasan.  

Dalam menjalankan aktivitas akademik yang menjadi kegiatan utamanya (core business), Yogyakarta memerlukan dukungan sistem manajemen dan administrasi yang handal, karena itu di dalam kurun waktu, unit-unit kerja Yogyakarta secara bertahap akan diintegrasikan menjadi bagian dari sistem Layanan Manajemen Yogyakarta yang mampu mendukung, terselenggaranya aktivitas Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta yang bermutu dan akuntabel. Sistem ini menempatkan kepuasan pengguna (customer satisfaction) dan akuntabilitas sebagai prioritas utama.

Sistem Layanan Manajemen Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta di atas mensyaratkan adanya sistem perencanaan kegiatan dan anggaran yang bertumpu pada hasil evaluasi capaian mutu serta target mutu yang akan dicapai oleh Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Perencanaan haruslah diupayakan agar layak dan dapat dilaksanakan secara tepat waktu, tepat sasaran, tepat spesifikasi dan dapat dipertanggungjawabkan.

5. Kebijakan Mutu di Bidang Kemahasiswaan dan Alumni

Yogyakarta menghendaki agar lulusannya memiliki pengetahuan yang bermakna bagi kehidupan, mandiri, sungguh-sungguh dalam menjunjung etika berprofesi dan etika bermasyarakat, maka program dan kegiatan Kemahasiswaan di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, pada dasarnya, adalah bagian yang integral dari proses pendidikan.          

Sebagai  bagian  dari  masyarakat  akademik  di  Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, mahasiswa berperan aktif secara bertanggungjawab di dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi program dan kegiatan Kemahasiswaan di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Program dan kegiatan Kemahasiswaan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta secara bertahap akan dilaksanakan secara terintegrasi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Memperkenalkan calon lulusan kepada dunia kerja, secara sistematis dengan mengumpulkan informasi tertulis dari stakeholders mengundang dan menyediakan wadah seperti Magang Industri dan Dunia Usaha.  Tracer Study  hendaknya dilaksanakan secara terprogram untuk keperluan manajemen dan pelaksanaannya sesuai rencana. Pemanfaatan umpan balik sebaiknya dilakukan untuk perbaikan kualitas direncanakan dan merupakan bagian dari suatu sistem.

6. Kebijakan Mutu di Bidang Prasarana & Sarana dan Lingkungan

Infrastruktur Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta harus memenuhi persyaratan teknis dan tata ruang, serta kesehatan lingkungan. Pengembangan infrastruktur fasilitas harus dituangkan dalam rencana induk (master plan), yang meliputi gedung dan laboratorium (penyediaan ruang laboratorium, penyediaan alat dan bahan praktikum, penyediaan sarana ruang praktikum) yang direncanakan secara sistematis, selaras dengan pertumbuhan kegiatan akademik.  

Ruang kelas dan laboratorium harus dilengkapi dengan peralatan yang cukup untuk melaksanakan kurikulum, termasuk bahan dan teknologi informasi yang memadai. Perlu disediakan papan tulis, white board, overhead projector, LCD projector  dan pengeras suara. Peralatan teknologi pendidikan yang  up to date dan terdistribusi secara efektif, sehingga mudah diakses oleh pengguna, seperti peralatan teknologi pendidikan mutakhir, seperti  viewer dan komputer dalam kelas yang dapat dipakai untuk mengakses internet. 

Ketersediaan pustaka yang relevan, jenis pustaka yang tersedia, CD-ROM, jurnal, buletin, buku teks, brosur, peta, majalah, jurnal ilmiah, poster, lembar informasi, internet, intranet, disertasi, thesis dan skripsi. Ada atau tidak ada perpustakaan diluar perguruan tinggi yang dapat diakses dan juga pemanfaatan Internet. 

7. Kebijakan Mutu di Bidang Kerjasama

Berdasarkan organisasi dan tata kerja Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta



  • Akademik
  • Non Akademik





September, 2017
MSSR KJS
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24 252627282930