• Image Alt

FGD Kuesioner Pembelajaran dan Pelayanan

Rabu, 10 November 2021 bertempat di Grand Rohan, Lembaga Pengembangan, Pembelajaran, dan Penjaminan Mutu (LP3M) UPN “Veteran” Yogyakarta menyelenggarakan acara Finalisasi Kuesioner dan Persiapan Rapat Tinjauan Manajemen. Acara ini dihadiri oleh Ketua Lembaga, Sekretaris Lembaga, Kepala Pusat di lingkungan LP3M UPN “Veteran” Yogyakarta serta tamu undangan. Acara dibuka dengan sambutan oleh Partoyo Ph.D selaku Ketua LP3M UPN “Veteran” Yogyakarta. Dalam sambutannya beliau menyampaikan tujuan diadakannya acara ini adalah untuk mempersiapkan proses evaluasi di semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Evaluasi sangat penting dilakukan untuk bahan masukan pada acara Rapat Tinjauan Manajemen yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Rendahnya kesadaran mahasiswa dan dosen dalam mengisi kuesioner pada periode sebelumnya serta kuesioner sudah digunakan selama 2 semester mendorong LP3M untuk melakukan perubahan.

Beliau juga menyampaikan bahwa LP3M merancang ulang kuesioner kepuasan layanan yang sebelumnya hanya 1 kuesioner menjadi 3 yang terdiri dari:

  1. Kuesioner mahasiswa terhadap dosen,
  2. Kuesioner mahasiswa terhadap layanan akademik, dan
  3. Kuesioner evaluasi diri dosen (self-evaluation).

Menginjak acara utama adalah pembahasan mengenai kuesioner yang akan difinalisasi. Banyak masukan dan saran terkait konten kuesioner. Harapannya akan didapatkan kuesioner yang mampu merepresentasikan kondisi lingkungan pembelajaran nyata di UPN “Veteran” Yogyakarta. Kuesioner ini akan disematkan di LMS Spada Wimaya sebelum Ujian Akhir Semester (UAS) Gasal TA 2021/2022. Harapannya kuesioner baru ini mendapatkan respon yang tinggi dari dosen dan mahasiswa di lingkungan UPN “Veteran” Yogyakarta sebagai bahan evaluasi bagi LP3M UPN “Veteran” Yogyakarta dan peningkatan mutu pembelajaran di semester yang akan datang.