Penilaian Kinerja Tenaga Kependidikan Tahun 2014

Penilaian Tenaga Kependidikan UPN “Veteran”  dilaksanakan secara periodik setiap tahun oleh BPM. Penilaian dimaksudkan untuk melihat sejauh mana kinerja, motivasi tanggung jawab tenaga kependidikan yang langsung maupun tidak akan berdampak pada proses layanan kepada mahasiswa dan dosen.

            Proses Penilaian Kinerja Tenaga Kependidikan Tahun 2014 adalah sebagai berikut :

1.    Jumlah Tenaga Kependidikan (non struktural) yang terjadwal dilakukan penilaian kinerja di tahun 2014 adalah sebanyak 81 orang, dengan menggunakan Angket : FM_31_02_02 (terlampir)

2.    Penilaian dilakukan oleh atasan langsung dan 2 (dua) orang teman sejawat.

3.    Aspek penilaian meliputi: Prestasi Kerja, Ketaatan, Loyalitas, Prakarsa, Kerja Sama & Komunikasi, Kejujuran, dan Tanggung Jawab.

4.    Rata-rata penilaian masing-masing aspek:

No.

Aspek

Score Rata-rata

Kinerja

1.

Prestasi Kerja

3,85

Baik

2.

Ketaatan

3,88

Baik

3.

Loyalitas

4,06

Baik

4.

Prakarsa

3,65

Baik

5.

Kerja sama dan Komunikasi

3,71

Baik

6.

Kejujuran

3,87

Baik

7.

Tanggung Jawab

3,91

Baik

Rata-rata

3,85

Baik

 

Berdasarkan tabel di atas menunjukkan bahwa semua aspek penilaian adalah baik, namun berdasarkan stadar mutu kinerja pegawai yang telah ditetapkan sebesar 3,80 maka aspek prakarsa dan kerjasama & komunikasi masih di bawah standar sehingga harus terus ditingkatkan.

5.    Kinerja Tenaga Kependidikan untuk masing-masing kategori penilaian adalah sebagai berikut:

No.

Kinerja

Jumlah Pegawai

Presentase (%)

1.

Sangat Baik

7

8,6

2.

Baik

68

84,0

3.

Cukup

6

7,4

4.

Tidak Baik

0

0,0

5.

Sangat Tidak Baik

0

0,0

 

81

100,0

 

Berdasarkan data di atas menunjukkan bahwa sebagian besar kinerja tenaga kependidikan termasuk kategori baik. Tenaga kependidikan dengan kategori sangat baik kurang dari 10%. Oleh karena itu sangat diperlukan upaya untuk meningkatkan kinerja SDM dalam rangka menghadapi persaingan yang semakin kompetitif.

Peluang Perbaikan

Berdasarkan hasil penilaian kinerja Tenaga Kependidikan diusulkan 3 (tiga) peluang perbaikan berdasarkan skala prioritas dan rekomendasi sebagai berikut:

Prioritas

Aspek

Score

Rekomendasi

1.

Prakarsa

3,65

-   Memberikan pelatihan tentang motivasi, berfikir kreatif, dan inovatif

-   Memberika reward kepada tenaga kependidikan yang mampu menemukan ide-ide kreatif dalam menyelesaikan permasalahan pekerjaan secara efektif dan efisien

2.

Kerja sama dan Komunikasi

3,71

-   Meningkatkan kegiatan-kegiatan yang bersifat kebersamaan seperti upacara, jalan santai, sepeda gembira, outbond, kegiatan seni, dan sebagainya

-   Memberikan pelatihan komunikasi yang efektif

3.

Prestasi Kerja

3,85

-   Memberikan training terkait dengan skill yang dibutuhkan di lingkup pekerjaan

-   Memberikan pendampingan dan klinik kerja bagi tenaga kependidikan yang membutuhkan pelatihan secara khusus.

-   Menegakkan kebijakan reward & punishment

 


Klik Disini Untuk Download