WORKSHOP PENINJAUAN KURIKULUM
• Populasi Indonesia: ~255 juta orang
• Disparitas Kualitas Pendidikan Tinggi:
- Dosen: ~270 ribu (~12% Doktor).
- Mahasiswa: ~5,2 juta (Vokasi/Politeknik:~855 ribu). Pengangguran ~7 juta (lulusan PT ~13,4%), skills mismatch (relevansi).
- APK (2016): 31,61 % (Penyesuaian dengan kebutuhan ekonomi).
- Ketimpangan mutu PT: mayoritas institusi dan prodi terakreditasi ‘C’ (BAN-PT) dan sedikit prodi terakreditasi internasional (ABET, AACSB, AUN-QA, dsb).
- World Rank (QS): hanya 3 universitas (Top 500).
- Riset (Inovasi): Universitas dan LPNK (BATAN, LIPI, LAPAN, dll).
- Produktivitas penelitian rendah. Mayoritas publikasi ilmiah dihasilkan oleh Universita
Oleh karenanya perlu ditetapkan sasaran kedepan sbb:
• Penataan mutu pendidikan tinggi berdasarkan penjenjangan kualifikasi lulusan
• Penyesuaian capaian pembelajaran untuk prodi sejenis
• Penyetaraan capaian pembelajaran dengan penjenjangan kualifikasi dunia kerja
Demikian ringkasan dari apa yang disampaikan narasumber, semoga bermanfaat bagi kita.(sie)