• Portal UPN
logo-img
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu


UPN "VETERAN" Yogyakarta
  • Home
  • Profil
    • Visi dan Misi
    • SPM-PT
    • Sekilas LP3M
    • Struktur Organisasi
  • Kelompok
    • Daftar Auditor Keuangan
    • Daftar Auditor Akademik
    • Tim Auditor dan Pelaksana Penjaminan Mutu
    • Asesor BKD
    • Asesor Akreditasi
  • SPMI
    • Tentang SPMI
    • Dokumen SPMI 2017
    • Struktur SPMI
    • Dokumen SPMI 2020, 2022
    • Standar Operasional Prosedur
    • Independensi Pelaksanaan SPMI
  • Akreditasi
    • Status Akreditasi
    • Pengajuan Akreditasi
    • Instrumen Akreditasi Program Studi (APS) 4.0 BAN-P
    • Instrumen Suplemen Konversi APT dan APS BAN-PT 202
    • Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi
    • Pembukaan Prodi Baru
    • Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) 3.0 BA
    • Akreditasi Internasional
      • Persiapan Kreditasi
  • Laporan
    • Laporan Kegiatan 2020
    • Laporan Kegiatan 2021
    • Laporan Kegiatan 2022
    • Laporan Kegiatan 2023
    • Laporan Kegiatan 2024
    • Laporan Kegiatan 2025
    • Laporan ISO
    • Benchmarking
    • Panduan Aplikasi LP3M
    • Laporan Hasil Survei Kepuasan
  • MBKM
    • Magang dan Studi Independen Bersertifikat
    • Sosialisasi MBKM
    • Kampus Mengajar
  • Kompetensi
    • Auditor Tersertifikasi 2020
    • Auditor Tersertifikasi 2021
    • Auditor Tersertifikasi 2022
    • Fasilitator SPMI
    • AUDITOR TERSERTIFIKASI 2024
    • Asesor BKD 2021
    • Dosen Tersertifikasi BNSP
  • Buku Panduan
  • Bela Negara
    • LKBB - BN 2023
    • JAMBORE 2023
  • PPID
  • International Collaboration
  • Download
  • Home
  • Berita
  • WORK SHOP: SOSIALISASI SISTEM AKREDITSI PERGURUAN TINGG ON LINE DI LINGKUNGAN UPN “VETERAN” YOGYKART

WORK SHOP: SOSIALISASI SISTEM AKREDITSI PERGURUAN TINGG ON LINE DI LINGKUNGAN UPN “VETERAN” YOGYKART

  • 05 Desember 2017, 10:27 AM
  • Oleh : Admin
  • Berita
  • 520
WORK SHOP: SOSIALISASI SISTEM AKREDITSI PERGURUAN TINGG ON LINE DI LINGKUNGAN UPN “VETERAN” YOGYKART

     Akreditsi bagi perguruan tinggi adalah keharusan, selama ini akreditasi baik bagi perguruan tinggi maupun program studi dilakukan tidak secara on line. Mengingat jumlah pergurun tinggi maupun program studi di Indonesia demikian banyak maka untuk meningkatkan efisiensi  dalam penilaian akreditasi   Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengembangkan suatu sistem yng dikenal  dengan SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi On Line). Diharapkan  dengn SAPTO maka akan meningkatkan efisiensi dan kualitas proses akreditasi perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh BAN-PT. SAPTO mendukung setiap proses yang dilakukan dalam akreditasi seperti pengajuan usulan akreditasi oleh perguruan tinggi, pemeriksaan dokumen, penugasan asesor dan validasi yang dilakukan, proses asesmen kecukupan (AK) dan asesmen lapangan (AL) oleh asesor . Secara umum tidak ada proses yang berubah, dalam akreditsi SAPTO hanya mengotomasi sebagian  proses melalui mode online. Sehingga Pendaftaran (penyerahan berkas), Proses Asesmen Kecukupan Interaksi antara BAN-PT, PT pengusul, dan asesor dilakukan secara on line. Diharapkan Sapto bermanfaat  bagi:

1. Peningkatan produktivitas

•       Lebih banyak PT/prodi yang dapat diakreditasi pada satu periode waktu tertentu

•       Asesor dapat melakukan lebih banyak penugasan asesmen

2. Penghematan biaya

•       PT Pengusul: biaya cetak dokumen dan transportasi & akomodasi dalam rangka penyerahan dokumen ke BAN-PT

•       BAN-PT: biaya penyelenggaraan Asesmen Kecukupan (kesekretariatan, bahan habis pakai, HR panitia dan asesor, transportasi dan akomodasi asesor)

3. Peningkatan akuntabilitas dan akurasi asesmen

•       Proses asesmen online dapat “memaksa” PT pengusul untuk bertanggungjawab pada usulannya, dan asesor untuk bekerja secara akuntabel

•       Perhitungan data secara otomatis mengurangi resiko salah input dan salah hitung

 

 

Demikian yang dapat kami laporkan berkaitna dengan sosialisasi  SAPTO, dengan narasumber  Ir. Lukito Edi Nugroho, MSc., Ph D. assesor BAN PT  dan Mario Hengki dari  BAN PT. Akhir kata semoga  bermanfaat (sie).

Previous Next

Rilis Berita

Tindak Lanjut Kegiatan Implementation of Agreement between Hanoi University of Mining and Geology (HUMG) and LPMPP UPN "Veteran" Yogyakarta melalui Kolaborasi Tridharma Internasional

16 Oktober 2025    Admin LP3M

Prodi Humas FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta Gelar Program Penguatan Kurikulum OBE Bersama LPMPP

15 Oktober 2025    Admin LP3M

FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta dan LPMMP Gelar Workshop OBE untuk Dukung Persiapan Akreditasi LAMSPAK

13 Oktober 2025    Admin LP3M

Sosialisasi Reakreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (LAMEMBA) UPN "Veteran" Yogyakarta Tahun 2025

02 Oktober 2025    Admin LP3M

Sosialisasi Reakreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Teknik (LAMTEK) UPN "Veteran" Yogyakarta Tahun 2025

25 September 2025    Admin LP3M

Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran

UPN "VETERAN" Yogyakarta

  • Jalan Padjajaran (Lingkar Utara), Condong Catur, Sleman, Yogyakarta, Indonesia. 55283
  • lp3m@upnyk.ac.id
  • (0274) 486733

Layanan

Link Terkait

Sosial Media

© Copyright 2023.