• Portal UPN
logo-img logo-img
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu


UPN "VETERAN" Yogyakarta
  • Home
  • Profil
    • Visi dan Misi
    • SPM-PT
    • Sekilas LP3M
    • Struktur Organisasi
  • Kelompok
    • Daftar Auditor Keuangan
    • Daftar Auditor Akademik
    • Tim Auditor dan Pelaksana Penjaminan Mutu
    • Asesor BKD
    • Asesor Akreditasi
  • SPMI
    • Tentang SPMI
    • Dokumen SPMI 2017
    • Struktur SPMI
    • Dokumen SPMI 2020, 2022
    • Standar Operasional Prosedur
    • Independensi Pelaksanaan SPMI
  • Akreditasi
    • Status Akreditasi
    • Pengajuan Akreditasi
    • Instrumen Akreditasi Program Studi (APS) 4.0 BAN-P
    • Instrumen Suplemen Konversi APT dan APS BAN-PT 202
    • Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi
    • Pembukaan Prodi Baru
    • Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) 3.0 BA
    • Akreditasi Internasional
      • Persiapan Kreditasi
  • Laporan
    • Laporan Kegiatan 2020
    • Laporan Kegiatan 2021
    • Laporan Kegiatan 2022
    • Laporan Kegiatan 2023
    • Laporan Kegiatan 2024
    • Laporan Kegiatan 2025
    • Laporan ISO
    • Benchmarking
    • Panduan Aplikasi LP3M
  • MBKM
    • Magang dan Studi Independen Bersertifikat
    • Sosialisasi MBKM
    • Kampus Mengajar
  • Kompetensi
    • Auditor Tersertifikasi 2020
    • Auditor Tersertifikasi 2021
    • Auditor Tersertifikasi 2022
    • Fasilitator SPMI
    • AUDITOR TERSERTIFIKASI 2024
    • Asesor BKD 2021
    • Dosen Tersertifikasi BNSP
  • Buku Panduan
  • Bela Negara
    • LKBB - BN 2023
    • JAMBORE 2023
  • Download
  • Home
  • Berita
  • "Ngajar Zaman Now": Strategi Pembelajaran Anti-Monoton di Era Digital dan AI

"Ngajar Zaman Now": Strategi Pembelajaran Anti-Monoton di Era Digital dan AI

  • 24 Juli 2025, 13:53 PM
  • Oleh : Admin LP3M
  • Berita
  • 35
"Ngajar Zaman Now": Strategi Pembelajaran Anti-Monoton di Era Digital dan AI

Yogyakarta, 24 Juli 2025 -- Dunia pendidikan terus bergerak mengikuti perkembangan zaman. Di tengah arus deras teknologi dan munculnya Generasi Z sebagai mayoritas peserta didik, cara mengajar tradisional tak lagi cukup. Hal ini menjadi sorotan utama dalam Workshop Inovasi Pembelajaran yang digelar di Ruang Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Kegiatan ini digagas oleh Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) UPN “Veteran” Yogyakarta sebagai bagian dari upaya peningkatan kapasitas dosen dalam merespons tantangan pembelajaran abad ke-21. Workshop dibuka secara resmi oleh Kepala LPMPP, Dr. Ir. Barlian Dwinagara, M.T., IPU. ASEAN Eng, dan menghadirkan narasumber utama, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. dari Universitas Negeri Yogyakarta, yang merupakan pakar dalam bidang teknologi pembelajaran. Workshop ini diikuti oleh dosen-dosen lintas program studi dari berbagai fakultas. Antusiasme peserta menunjukkan besarnya perhatian terhadap tantangan pembelajaran di era digital dan potensi kecerdasan buatan dalam dunia pendidikan.

Tantangan Mengajar di Era Gen Z dan AI

Mengajar zaman sekarang bukan hanya soal menyampaikan materi, tapi tentang menciptakan pengalaman belajar yang interaktif, kolaboratif, dan menyenangkan. Generasi Z—yang lahir antara 1997 hingga 2012—merupakan digital native dengan rentang perhatian pendek dan kecenderungan sebagai pembelajar visual. Mereka cepat bosan jika metode belajar monoton dan kaku. Di sisi lain, teknologi seperti media sosial, game online, dan kini AI seperti ChatGPT, telah membentuk cara berpikir dan belajar mereka. Dosen dan guru dituntut untuk tidak hanya menguasai materi, tapi juga melek digital, kreatif, serta mampu beradaptasi dengan ekosistem pembelajaran digital yang dinamis dan terus berkembang.

 

Ekosistem Pembelajaran Digital: Pilar Pendidikan Masa Kini

Ekosistem pembelajaran digital bukan sekadar menggunakan LMS seperti Moodle atau Google Classroom. Ia adalah jaringan terintegrasi yang mendukung proses belajar secara menyeluruh. Komponennya meliputi: Konten digital: Multimedia interaktif, video, animasi, simulasi, hingga augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Analitik pembelajaran: Evaluasi otomatis berbasis data untuk memantau kemajuan belajar mahasiswa secara real-time. Kolaborasi online: Tools seperti Padlet, Mentimeter, Google Docs, breakout room di Zoom, dan forum diskusi dalam LMS menjadi bagian penting dalam interaksi jarak jauh. Dengan ekosistem ini, pembelajaran bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, serta disesuaikan dengan kebutuhan individual mahasiswa.

 

Strategi Anti-Monoton: Flipped Classroom, TPS, dan Gamifikasi

Agar pembelajaran tidak membosankan, Prof. Herman memaparkan berbagai strategi inovatif yang dapat diterapkan di berbagai jenjang pendidikan tinggi: Flipped Classroom: Mahasiswa belajar materi terlebih dahulu di rumah (melalui video, artikel, dll), kemudian diskusi dan praktik dilakukan saat tatap muka di kelas. Think-Pair-Share (TPS): Mahasiswa diberi waktu berpikir mandiri, lalu berdiskusi berpasangan, dan akhirnya membagikan hasil diskusi ke kelas. Metode ini terbukti meningkatkan partisipasi dan refleksi. Gamifikasi: Pembelajaran dikemas seperti permainan dengan poin, lencana, dan papan peringkat (leaderboard). Tools seperti Kahoot, Quizizz, dan Wordwall menjadi andalan untuk membuat kuis interaktif yang menyenangkan.

Alih-alih dianggap ancaman, kecerdasan buatan justru bisa menjadi asisten pengajar yang andal. Dosen dapat menggunakan: ChatGPT untuk menyusun soal, ice breaking, dan bahan diskusi. SlidesAI dan AiPPT untuk membantu menyusun presentasi otomatis. Speechify dan Invideo untuk membuat konten pembelajaran yang variatif dan inklusif. Namun, Prof. Herman juga mengingatkan pentingnya regulasi dan etika dalam pemanfaatan AI agar tidak menimbulkan penyalahgunaan atau menurunkan kualitas proses belajar-mengajar. Workshop ini tidak hanya menjadi ajang berbagi ilmu, tetapi juga memperkuat sinergi antar-dosen lintas program studi. Dengan semangat kolaboratif dan adaptif, diharapkan para pendidik mampu menerapkan strategi pembelajaran zaman now di kelas masing-masing.

Previous Next

Rilis Berita

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) AKREDITASI INTERNASIONAL IABEE

30 Juli 2025    Admin LP3M

"Ngajar Zaman Now": Strategi Pembelajaran Anti-Monoton di Era Digital dan AI

24 Juli 2025    Admin LP3M

Penyamaan Persepsi Asesor BKD/LKD UPN “Veteran” Yogyakarta

23 Juli 2025    Johan Danu

Focus Group Discussion (FGD) Persiapan Akreditasi Internasional ASIIN Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta

20 Desember 2024    Admin LP3M

Focus Group Discussion (FGD) Pembentukan Advisory Board Prodi/Jurusan

19 Desember 2024    Admin LP3M

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu

UPN "VETERAN" Yogyakarta

  • Jalan Padjajaran (Lingkar Utara), Condong Catur, Sleman, Yogyakarta, Indonesia. 55283
  • lp3m@upnyk.ac.id
  • (0274) 486733

Layanan

Link Terkait

Sosial Media

© Copyright 2023.