Persiapan Monev Pembelajaran Semester Gasal TA 2023/2024
Pada hari Jumat, 8 Maret 2024 di Hotel Innside Yogyakarta telah dilaksanakan kegiatan Workshop Monev Auditor yang dihadiri oleh perwakilan tiap fakultas UPN “Veteran” Yogyakarta sejumlah 75 peserta. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Bapak Partoyo, S.P., M.P., Ph.D., selaku ketua LP3M, kemudian workshop dimulai dengan ibu Dr. Dian Indri Purnamasari, M.Si., Ak., CA. sebagai pemandu acara maupun pembicara. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja sistem informasi PANDU yang telah berjalan selama 4 tahun sejak tahun 2020 – 2024. Selain itu evaluasi juga dilakukan terhadap sistem penjaminan mutu yang melibatkan sinergi LP3M, fakultas, tim pelaksana dan tim auditor.
Evaluasi monev pembelajaran sejak tahun 2020 hingga 2024 mengalami perubahan yang sangat signifikan. Di awal proses monev pada tahun 2020, seiring dengan dibuat sistem informasi: pandu.upnyk.ac.id, proses monev berjalan dengan menggunakan sistem sehingga memungkinkan untuk dilakukan secara online melalui sistem dan diikuti dengan tatap muka online untuk sesi konfirmasinya. Sistem informasi pandu.upnyk.ac.id telah membuat aktivitas penjaminan mutu ini menjadi praktik baik dan kebiasaan yang selalu dilakukan secara periodik setiap semesternya. Para timlak diminta untuk memberikan tanggapan dan melengkapi semua kebutuhan yang menjadi permintaan asesor untuk periode monev sebelum-sebelumnya. Para timlak juga diminta untuk dapat memberikan masukan atas pandu.upnyk.ac.id, antara lain:
- Melakukan review indikator monev sesuai SPMI dan Permendikburistek no 53 tahun 2023, indikator dimana indikator AMI sesuai dengan SPMI dan indikator monev sesuai dengan LAM,
- Tampilan dokumen yang sudah diupload oleh timlak dapat dilihat oleh asesor tanpa harus didownload (preview),
- Melibatkan pimpinan dalam proses monev (misalnya proses review atas data yang dimasukkan oleh timlak) sehingga pimpinan dapat melihat proses monev yang sedang berlangsung, memberikan tanggapan/feedback dan membantu menambahkan data sebelum direview oleh auditor,
- Monev dilakukan oleh Prodi dan dievaluasi oleh timlak (sebagai auditor) internal dalam prodinya sendiri,
- Jumlah timlak monev minimal dua orang dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan, penggantian timlak monev perlu dilakukan agar bergiliran terjadi internalisasi kesadaran standar mutu pada diri banyak pihak yang menjadi bekal kepemimpinan di masa yang akan datang.
Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan adanya keselarasan antara tim auditor dengan auditee serta terbentuknya kinerja sistem informasi maupun penjaminan mutu yang lebih baik.