Persiapan Aplikasi PANDU untuk Monev dan AMI TA 2020/2021
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) menyelenggarakan Kegiatan Review SPMI terkait persiapan Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran, Audit Mutu Internal, dan SOP berbagai kegiatan yang selama ini telah ada. Kegiatan dilaksanakan pada Senin-Selasa, 13-14 September 2021 bertempat di Hotel Grand Ambarrukmo Yogyakarta. Acara diselenggarakan secara luring terbatas dan diikuti kurang lebih 30 undangan baik internal maupun tamu eksternal dari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Acara didahului dengan Ge Nose Test di lokasi acara sebagai bentuk antisipasi dan mematuhi himbauan Satgas Covid-19 UPN “Veteran” Yogyakarta.
Acara dibuka oleh Ketua Lembaga LP3M Partoyo, SP., MP., Ph.D yang menyampaikan bahwa acara ini diperlukan mengingat semakin dekatnya agenda Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran Semester Genap TA 2020/2021 yang akan memasuki ke-tiga kali penggunaan sistem dengan pandu.upnyk.ac.id. Dan juga pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) TA 2020/2021 yang untuk pertama kalinya akan dilakukan pada sistem pandu.upnyk.ac.id. Berkaitan dengan hal tersebut, maka sangat perlu bagi LP3M untuk melakukan review kesiapan sistem sebelum kedua kegiatan tersebut berjalan bersamaan. Terdapat beberapa fitur baru yang ditambahkan yang perlu tahapan uji coba. Adapun fitur tersebut adalah, pembagian auditor secara otomatis sesuai jumlah auditor dan indikator, modul Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) yang akan dilakukan berjenjang di level Jurusan/Prodi dengan tindak lanjut dalam sistem pandu.upnyk.ac.id dari hasil temuan audit semester sebelumnya. RTM level Fakultas yang dilakukan dan harus menyampaikan notulen dalam sistem, sampai pada RTM level Universitas yang menjadi kompilasi dan tindak lanjut apa yang harus dilakukan pada level pimpinan tertinggi. Pada kegiatan ini juga dilakukan pembuatan video tutorial yang memudahkan panduan bagi Timlak Jurusan/Prodi, Timlak Fakultas, dan juga Auditor, baik Auditor Monev dan Auditor AMI.
Acara sekaligus menjadi momentum untuk melakukan review Standar Operasional Prosedur (SOP) yang selama ini telah ada, apakah masih relevan sesuai dengan perkembangan kondisi, dan juga penambahan SOP baru terkait dengan hadirnya sistem Pandu ini. SOP yang direvisi terdapat 8 SOP Kegiatan Penjaminan Mutu Internal, 9 SOP Kegiatan Pengembangan Pembelajaran, 4 SOP Kegiatan Penjaminan Mutu Eksternal, 7 SOP Kegiatan Bela Negara, penambahan 1 SOP baru terkait kegiatan integrasi sistem Pandu untuk Monev dan AMI.