Sosialisasi Pelaksanaan Monev dan AMI Semester Genap TA 2020/2021
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) menyelenggarakan kegiatan secara daring terkait Persiapan Monitoring dan Evaluasi (Monev) dan Pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) TA 2020/2021 pada Senin, 20 September 2021. Acara dilaksanakan secara daring dengan pertimbangan banyaknya pihak yang harus terlibat dalam kegiatan tersebut dan mengurangi paparan risiko Covid-19. Acara dibuka oleh Ketua Lembaga LP3M Partoyo, SP., MP., Ph.D yang menyampaikan bahwa acara ini diperlukan mengingat semakin dekatnya agenda Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran Semester Genap TA 2020/2021 yang akan memasuki ke-tiga kali penggunaan sistem dengan pandu.upnyk.ac.id. Dan juga pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) TA 2020/2021 yang untuk pertama kalinya akan dilakukan pada sistem pandu.upnyk.ac.id.
Kegiatan daring dilaksanakan dalam 2 sesi, yaitu Sesi 1 pada pukul 10.00 wib adalah Persiapan Monev Semester Genap TA 2020/2021 dengan pesertra adalah para Ketua Jurusan dan Timlak Penjaminan Mutu di level Jurusan/Prodi. Acara tersebut mengingatkan kembali terkait dengan Monev menggunakan sistem Pandu yang sudah berjalan untuk yang ketiga kalinya. Terdapat hal penting juga yang wajib dilakukan sebelum monev, yaitu memperbaiki temuan audit pada semester sebelumnya. Dalam sesi diskusi terdapat beberapa indikator yang diharapkan akan direview ulang, misalnya terkait jumlah beban mengajar dosen pada Program Pascasarjana yang tentunya tidak sama dengan Program Diploma dan Sarjana, demikian juga halnya dengan kegiatan magang dan praktikum, juga dengan konfirmasi apakah magang yang dimaksudkan dalam indikator diijinkan yang merupakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
Kegiatan dilanjutkan pada Sesi 2 pada pukul 13.00 wib yaitu Persiapan Pelaksanan AMI TA 2020/2021 yang dihadiri oleh para Dekan Fakultas dan Timlak Penjaminan Mutu pada level Fakultas. Dalam acara sesi 2 ini memiliki durasi yang lebih panjang disebabkan aplikasi AMI pertama kali akan dilaksanakan menggunakan Pandu yang merupakan pengembangan sistem. Komitmen bersama menjadi semangat bagi LP3M untuk mengkawal aplikasi dan pelaksanaan ini demi membantu semua pihak terkait persiapan Akreditasi. Hal tersebut dapat menjadi harapan semua Jurusan/Prodi karena indikator AMI menggunakan indikator Ban PT secara nasional.
Kegiatan Monev Semester Genap TA 2020/2021 dan AMI TA 2020/2021 akan dilakukan secara paralel bersamaan pada bulan Oktober 2021, hal tersebut dirasa dapat berjalan karena tim yang melakukan adalah tim yang berbeda, Monev oleh Timlak Jurusan/Prodi dan AMI oleh Timlak Fakultas. LP3M tak lupa menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada dukungan dan komitmen banyak pihak dalam rangkaian PTPP proses Sistem Penjaminan Mutu Internal yang menjadi kebutuhan bersama, khususnya dukungan pimpinan di semua level dari Prodi hingga Universitas.