• Portal UPN
logo-img logo-img
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu


UPN "VETERAN" Yogyakarta
  • Home
  • Profil
    • Visi dan Misi
    • SPM-PT
    • Sekilas LP3M
    • Struktur Organisasi
  • Kelompok
    • Daftar Auditor Keuangan
    • Daftar Auditor Akademik
    • Tim Auditor dan Pelaksana Penjaminan Mutu
    • Asesor BKD
    • Asesor Akreditasi
  • SPMI
    • Tentang SPMI
    • Dokumen SPMI 2017
    • Struktur SPMI
    • Dokumen SPMI 2020, 2022
    • Standar Operasional Prosedur
    • Independensi Pelaksanaan SPMI
  • Akreditasi
    • Status Akreditasi
    • Pengajuan Akreditasi
    • Instrumen Akreditasi Program Studi (APS) 4.0 BAN-P
    • Instrumen Suplemen Konversi APT dan APS BAN-PT 202
    • Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi
    • Pembukaan Prodi Baru
    • Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) 3.0 BA
    • Akreditasi Internasional
      • Persiapan Kreditasi
  • Laporan
    • Laporan Kegiatan 2020
    • Laporan Kegiatan 2021
    • Laporan Kegiatan 2022
    • Laporan Kegiatan 2023
    • Laporan Kegiatan 2024
    • Laporan ISO
    • Benchmarking
    • Panduan Aplikasi LP3M
  • MBKM
    • Magang dan Studi Independen Bersertifikat
    • Sosialisasi MBKM
    • Kampus Mengajar
  • Kompetensi
    • Auditor Tersertifikasi 2020
    • Auditor Tersertifikasi 2021
    • Auditor Tersertifikasi 2022
    • Fasilitator SPMI
    • AUDITOR TERSERTIFIKASI 2024
    • Asesor BKD 2021
    • Dosen Tersertifikasi BNSP
  • Buku Panduan
  • Bela Negara
    • LKBB - BN 2023
    • JAMBORE 2023
  • Download
  • Home
  • Berita
  • Diskusi Evaluasi dan Audit Pembelajaran Semester Genap TA 2021/2022

Diskusi Evaluasi dan Audit Pembelajaran Semester Genap TA 2021/2022

  • 21 April 2022, 09:17 AM
  • Oleh : Admin
  • Berita
  • 324
Diskusi Evaluasi dan Audit Pembelajaran Semester Genap TA 2021/2022

     Rabu, 20 April 2022 bertempat di Royall Ambarrukmo Hotel, Lembaga Pengembangan pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UPN “Veteran” Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Diskusi Persiapan Evaluasi dan Audit Pembelajaran Hybrid untuk semester Genap TA 2021/2022. Kegiatan dihadiri oleh kurang lebih 30 dosen perwakilan berbagai Fakultas, beberapa adalah Tim Spada, dan LP3M. Diskusi dipimpin oleh Kapus Penjaminan Mutu Internal terkait kegiatan Audit yang selalu menjadi indikator dan konfirmasi ketika proses Akreditasi.

     Audit proses pembelajaran yang selama ini dilakukan terdiri dari 2 tahapan, yaitu (1) Audit Spada sebagai LSM dengan sampel dan indikator apakah dosen melakukan proses pembelajaran pada Spada dengan indikator sesuai peraturan yang dibuat, misal jumlah minimal zoom, kuis, tugas, penilaian, dan UTS. (2) Survei pembelajaran kepada mahasiswa yang dilakukan setiap selesai akhir semester berupa pemberian kuesioner secara online dan menjangkau keseluruhan populasi melalui sistem Spada. Pertanyaan pertama dalam diskusi adalah apakah masih perlu dilakukannya Audit Spada sebagai LMS dalam proses pembelajaran mengingat pada semester ini banyak prodi telah melakukan pembelajaran hybrid atau blended learning? Apakah indikator yang digunakan akan sama? Apakah kegiatan tersebut masih relevan dilakukannya audit?

     Diskusi berlangsung sangat dinamis, mengingat beberapa peserta masih full online, beberapa lain full offline, dan sisanya kombinasi. Hal ini terjadi karena pihak Universitas memberikan kebebasan bagi masing-masing Fakultas menentukan kebijakan proses pembelajaran pada semester ini. Audit pembelajaran tetap dilakukan, akan tetapi bentuknya menjadi berbeda dan akan didiskusi lebih lanjut oleh tim LP3M, yang kemudian akan dilakukan pada bulan Mei-Juni 2022. Diskusi pada hari ini memberikan beberapa masukan terkait Spada dan proses pembelajaran, antara lain:

  1. Spada tetap menjadi LMS walaupun perkuliahan ke depan akan didominasi tatap muka, wajib ada aturan dari pimpinan Universitas agar Spada tetap hadir sebagai LMS.
  2. Database Spada perlu disimpan dengan baik, khususnya TA 2020/2021 yang mengalami full online dengan sistem secara utuh.
  3. Pembuatan aplikasi RPS secara sistem, agar semua dosen akan membuat RPS dengan lebih optimum melalui sistem, demikian juga dengan Prodi sebagai pihak yang mengembangan kurikulum. Sistem tersebut akan mewajibkan prodi memiliki dan input terlebih dahulu CPL dan CPMK untuk kemudian para dosen dapat membuat RPS dalam sistem.

     Diskusi ditutup dengan sebuah komitmen untuk bertemu lagi dalam proses audit yang akan ditentukan oleh LP3M beserta indikator audit yang akan dievaluasi.

Previous Next

Rilis Berita

Focus Group Discussion (FGD) Persiapan Akreditasi Internasional ASIIN Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta

20 Desember 2024    Admin LP3M

Focus Group Discussion (FGD) Pembentukan Advisory Board Prodi/Jurusan

19 Desember 2024    Admin LP3M

Reakreditasi dan ISK Prodi Menuju Unggul

18 Desember 2024    Admin LP3M

FGD Outcome based Education (OBE): Teknik Pengukuran CPL dan Evaluasi Pembelajaran

14 Desember 2024    Admin LP3M

Inhouse Training Pemahaman SNI ISO/IEC 17020 : 2017 Oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN)

05 Desember 2024    Admin LP3M

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu

UPN "VETERAN" Yogyakarta

  • Jalan Padjajaran (Lingkar Utara), Condong Catur, Sleman, Yogyakarta, Indonesia. 55283
  • lp3m@upnyk.ac.id
  • (0274) 486733

Layanan

Link Terkait

Sosial Media

© Copyright 2023.