Survey Kepuasan Lulusan UPN “Veteran” Yogyakarta
Survey kepuasan lulusan adalah pengukuran kepuasan mahasiswa yang baru lulus dan akan diwisuda terhadap layanan penyelenggaraan pendidikan di UPN “Veteran” Yogyakarta, sampai dengan saat ini dilaksanakan secara offline dengan menyebarkan angket kepada pada wisudawan menggunakan angket terlampir. (FM_031_05_01).
Lingkup survey kepuasan lulusan ini meliputi analisis data dan evaluasi hasil survey kepuasan lulusan terhadapa layanan pendidikan di UPN “Veteran” Yogyakarta. Survey kepuasan lulusan terbaru dilaksanakan pada Wisuda periode 21 Juni 2014, data responden :
|
|
||
Fakultas |
Jumlah Wisudawan |
Jumlah Wisudawan yang Mengumpulkan Angket |
Persentase |
FTM |
88 |
28 |
31,8 % |
FTI |
67 |
30 |
44,8 % |
FP |
11 |
6 |
54,5 % |
FE |
120 |
90 |
75,0 % |
FISIP |
78 |
29 |
37,2 % |
TOTAL |
364 |
183 |
50,3 % |
Beberapa aspek yang dinilai adalah :
- Aspek tangible meliputi kenyamanan ruang kuliah, sarana prasaranan pembelajaran, perpustakaan, laboratorium, buku-buku referensi, toilet yang memadai, fasilitas ibadah.
- Aspek reliability meliputi pemberian materi oleh dosen, alokasi waktu diskusi dan tanya jawab, pemberian bahan ajar suplemen untuk melengkapi materi yang diberikan, transparansi penilaian, ketepatan waktu dalam mengajar, pembuatan SAP serta kemampuan melayani kepentingan mahasiswa
- Aspek responsiveness, penyediaan waktu bimbingan konseling bagi mahasiswa, pelaksanaan ujian tepat waktu, pembelajaran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, menyediakan bantuan (keringanan) bagi mahasiswa tidak mampu, menyediakan waktu khusus untuk orang tua mahasiswa untuk konsultasi
- Aspek assurance, Staf Akademik santun dalam melakukan pelayanan akademik, Permasalahan/keluhan mahasiswa selalu ditangani oleh UPN “Veteran” Yogyakarta melalui dosen pembimbing konseling, Setiap pekerjaan/tugas selalu dikembalikan pada mahasiswa,Waktu dipergunakan secara efekfif oleh dosen dalam proses pengajaran, Adanya sanksi bagi mahasiswa yang melanggar peraturan yang telah ditetapkan dan berlaku untuk semua mahasiswa tanpa terkecuali
- Aspek Emphaty, selalu berusaha memahami kepentingan dan kesulitan mahasiswa, Besarnya konstribusi biaya (sumbangan pengembangan lembaga) dibicarakan dengan orang tua wali mahasiswa, selalu memonitor terhadap kemajuan mahasiswa melalui dosen wali atau dosen, memiliki fasilitas bimbingan konseling, Dosen bersedia membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan studi, Dosen bersikap bersahabat kepada mahasiswa,berusaha memahami minat dan bakat mahasiswa dan berusaha untuk mengembangkannya