Penilaian Kinerja Tenaga Kependidikan Tahun 2014
Proses Penilaian Kinerja Tenaga Kependidikan Tahun 2014 adalah sebagai berikut :
1. Jumlah Tenaga Kependidikan (non struktural) yang terjadwal dilakukan penilaian kinerja di tahun 2014 adalah sebanyak 81 orang, dengan menggunakan Angket : FM_31_02_02 (terlampir)
2. Penilaian dilakukan oleh atasan langsung dan 2 (dua) orang teman sejawat.
3. Aspek penilaian meliputi: Prestasi Kerja, Ketaatan, Loyalitas, Prakarsa, Kerja Sama & Komunikasi, Kejujuran, dan Tanggung Jawab.
4. Rata-rata penilaian masing-masing aspek:
No. |
Aspek |
Score Rata-rata |
Kinerja |
1. |
Prestasi Kerja |
3,85 |
Baik |
2. |
Ketaatan |
3,88 |
Baik |
3. |
Loyalitas |
4,06 |
Baik |
4. |
Prakarsa |
3,65 |
Baik |
5. |
Kerja sama dan Komunikasi |
3,71 |
Baik |
6. |
Kejujuran |
3,87 |
Baik |
7. |
Tanggung Jawab |
3,91 |
Baik |
Rata-rata |
3,85 |
Baik |
Berdasarkan tabel di atas menunjukkan bahwa semua aspek penilaian adalah baik, namun berdasarkan stadar mutu kinerja pegawai yang telah ditetapkan sebesar 3,80 maka aspek prakarsa dan kerjasama & komunikasi masih di bawah standar sehingga harus terus ditingkatkan.
5. Kinerja Tenaga Kependidikan untuk masing-masing kategori penilaian adalah sebagai berikut:
No. |
Kinerja |
Jumlah Pegawai |
Presentase (%) |
1. |
Sangat Baik |
7 |
8,6 |
2. |
Baik |
68 |
84,0 |
3. |
Cukup |
6 |
7,4 |
4. |
Tidak Baik |
0 |
0,0 |
5. |
Sangat Tidak Baik |
0 |
0,0 |
|
81 |
100,0 |
Berdasarkan data di atas menunjukkan bahwa sebagian besar kinerja tenaga kependidikan termasuk kategori baik. Tenaga kependidikan dengan kategori sangat baik kurang dari 10%. Oleh karena itu sangat diperlukan upaya untuk meningkatkan kinerja SDM dalam rangka menghadapi persaingan yang semakin kompetitif.
Peluang Perbaikan
Berdasarkan hasil penilaian kinerja Tenaga Kependidikan diusulkan 3 (tiga) peluang perbaikan berdasarkan skala prioritas dan rekomendasi sebagai berikut:
Prioritas |
Aspek |
Score |
Rekomendasi |
1. |
Prakarsa |
3,65 |
- Memberikan pelatihan tentang motivasi, berfikir kreatif, dan inovatif - Memberika reward kepada tenaga kependidikan yang mampu menemukan ide-ide kreatif dalam menyelesaikan permasalahan pekerjaan secara efektif dan efisien |
2. |
Kerja sama dan Komunikasi |
3,71 |
- Meningkatkan kegiatan-kegiatan yang bersifat kebersamaan seperti upacara, jalan santai, sepeda gembira, outbond, kegiatan seni, dan sebagainya - Memberikan pelatihan komunikasi yang efektif |
3. |
Prestasi Kerja |
3,85 |
- Memberikan training terkait dengan skill yang dibutuhkan di lingkup pekerjaan - Memberikan pendampingan dan klinik kerja bagi tenaga kependidikan yang membutuhkan pelatihan secara khusus. - Menegakkan kebijakan reward & punishment
|