• Portal UPN
logo-img
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu


UPN "VETERAN" Yogyakarta
  • Home
  • Profil
    • Visi dan Misi
    • SPM-PT
    • Sekilas LP3M
    • Struktur Organisasi
  • Kelompok
    • Daftar Auditor Keuangan
    • Daftar Auditor Akademik
    • Tim Auditor dan Pelaksana Penjaminan Mutu
    • Asesor BKD
    • Asesor Akreditasi
  • SPMI
    • Tentang SPMI
    • Dokumen SPMI 2017
    • Struktur SPMI
    • Dokumen SPMI 2020, 2022
    • Standar Operasional Prosedur
    • Independensi Pelaksanaan SPMI
  • Akreditasi
    • Status Akreditasi
    • Pengajuan Akreditasi
    • Instrumen Akreditasi Program Studi (APS) 4.0 BAN-P
    • Instrumen Suplemen Konversi APT dan APS BAN-PT 202
    • Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi
    • Pembukaan Prodi Baru
    • Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) 3.0 BA
    • Akreditasi Internasional
      • Persiapan Kreditasi
  • Laporan
    • Laporan Kegiatan 2020
    • Laporan Kegiatan 2021
    • Laporan Kegiatan 2022
    • Laporan Kegiatan 2023
    • Laporan Kegiatan 2024
    • Laporan Kegiatan 2025
    • Laporan ISO
    • Benchmarking
    • Panduan Aplikasi LP3M
    • Laporan Hasil Survei Kepuasan
  • MBKM
    • Magang dan Studi Independen Bersertifikat
    • Sosialisasi MBKM
    • Kampus Mengajar
  • Kompetensi
    • Auditor Tersertifikasi 2020
    • Auditor Tersertifikasi 2021
    • Auditor Tersertifikasi 2022
    • Fasilitator SPMI
    • AUDITOR TERSERTIFIKASI 2024
    • Asesor BKD 2021
    • Dosen Tersertifikasi BNSP
  • Buku Panduan
  • Bela Negara
    • LKBB - BN 2023
    • JAMBORE 2023
  • PPID
  • International Collaboration
  • Download
  • Home
  • Berita
  • Workshop dan Pleno Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

Workshop dan Pleno Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

  • 27 Oktober 2020, 09:47 AM
  • Oleh : Admin
  • Berita
  • 430
Workshop dan Pleno Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

     Acara Workshop dan Pleno Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dibuka pada Senin, 26 Oktober 2020 oleh Rektor UPNVY, Bapak Dr. M. Irhas Effendi, MS. Rektor berharap bahwa dengan diadakannya kegiatan ini, dapat segera terbentuk dokumen SPMI yang baik, yang merupakan produk LP3M UPNVY menyusul produk riil sebelumnya, yaitu E-Learning SPADA WIMAYA. Di Indonesia, sistem penjaminan mutu pada Perguruan Tinggi diatur oleh Permenristekdikti nomor 62 tahun 2016. Pada peraturan tersebut tercantum siklus Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi terdiri dari 5 tahapan, yaitu Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan (PPEPP). Pada siklus tersebut, tahapan penetapan dan pelaksanaan adalah tugas dari Pimpinan Perguruan Tinggi, sedangkan evaluasi dan pengendalian adalah tugas dari Tim Auditor. Agenda pada hari pertama dilanjutkan dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan oleh Wakil Rektor, Dekanat, Ketua Lembaga serta Sekretaris Lembaga, Kepala Biro dan Ketua SPI untuk melakukan evaluasi terhadap rancangan dokumen standar SPMI Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, Kemahasiswaan, Tata Kelola, Layanan Administrasi, dan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. 

     Di hari kedua, 27 Oktober 2020 turut diundang pula narasumber, Bapak Johanes Pramana Gentur Sutapa, Dr., Ir., M.Sc yang menyampaikan materi mengenai pentingnya komitmen budaya mutu dari pimpinan. Menurut narasumber, SPMI memerlukan komitmen pemimpin agar tercipta budaya mutu yang menjadi etos kerja bersama. Beberapa hal yang perlu dijadikan fokus perhatian dalam SPMI diantaranya: Aktivitas pimpinan yang terkait sistem penjaminan mutu, Melihat lebih detail hubungan timbal balik input dan output/ outcome dalam Perguruan Tinggi, dan mengamati partisipasi staf dan mahasiswa dalam pengembangan budaya mutu dan proses penjaminan mutu. Bagaimana kita akan mencapai standar apabila belum memiliki standar yang ingin dicapai, penjaminan mutu berjalan efektif apabila memiliki tujuan yang jelas dan keterlibatan segenap sivitas akademika dengan komitmen tinggi dari pimpinan. LP3M bertugas membantu membuat standar, akan tetapi inisiatif dan tanggungjawab berada pada pimpinan.

     Sebagai penutup, diakhir kegiatan dilakukan penandatanganan 37 standar dokumen SPMI yang terdiri dari 8 Dokumen Standar SPMI Pendidikan, 8 Dokumen Standar SPMI Penelitian, 8 Dokumen Standar SPMI Pengabdian kepada Masyarakat, 4 Dokumen Standar SPMI Kemahasiswaan, 3 Dokumen Standar SPMI Tata Kelola, 5 Dokumen Standar SPMI Layanan Administrasi, dan 1 Dokumen Standar SPMI Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Selanjutnya dokumen tersebut akan diserahkan untuk mendapat review dan persetujuan dari Senat Universitas.

Previous Next

Rilis Berita

Uji Lapangan Pemeriksaan BPK RI Terhadap BAN PT dengan Uji Petik Pengelolaan Akreditasi PT Dan Prodi pada UPNVY

28 Oktober 2025    Admin LP3M

Tim Penjaminan Mutu UIN Sunan Ampel Surabaya Lakukan Benchmarking ke LPMPP UPN “Veteran” Yogyakarta

27 Oktober 2025    Admin LP3M

Review Dan Revisi Relevansi Kriteria Penilaian SKBNI

25 Oktober 2025    Admin LP3M

LPMPP UPN Veteran Yogyakarta Berkomitmen Dampingi Penyusunan Kurikulum OBE di Seluruh Program Studi

24 Oktober 2025    Admin LP3M

Sinkronisasi Aplikasi Pandu Audit Mutu Internal (AMI) sesuai Permen 39 Tahun 2025

23 Oktober 2025    Admin LP3M

Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran

UPN "VETERAN" Yogyakarta

  • Jalan Padjajaran (Lingkar Utara), Condong Catur, Sleman, Yogyakarta, Indonesia. 55283
  • lp3m@upnyk.ac.id
  • (0274) 486733

Layanan

Link Terkait

Sosial Media

© Copyright 2023.